Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Air Dingin Padang Tahun 2013

PRODI D III KEBIDANAN

STIKes MERCUBAKTIJAYA PADANG

Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

 

Dilla Aprima Sari

 

Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Air Dingin Padang Tahun 2013

 

vii + 54 halaman + 8 tabel + 3 gambar + 16 Lampiran

 

 

ABSTRAK

Penyebab kematian maternal diantaranya perdarahan, infeksi, gestosis, abortus, persalinan lama atau macet, emboli obstetrik, Komplikasi masa puerperium, dan lain-lain. Faktor lain penentu tingginya angka kematian maternal adalah rendahnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu hamil, serta latar belakang pendidikan rendah. Untuk mempercepat pencapaian program MDGs, diperlukan upaya percepatan penurunan kematian ibu dan bayi melalui peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku ibu dan keluarga. Program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan untuk mendukung langkah tersebut adalah Kelas Ibu Hamil.

Penelitian ini bersifat Analitik, dengan pendekatan Cross Sectional Study, penelitian ini di lakukan pada tanggal 03 Mei-17 Mei 2013 dengan jumlah sampel 38 orang di Puskesmas Air Dingin Padang, metode pengambilan sampel dengan teknik Accidental Sampling, jenis data adalah data primer dan data sekunder, teknik analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan manual.

Dari hasil penelitian di dapatkan dari 38 orang, 22 orang (57,9%) ibu hamil berpengetahuan tinggi, 16 orang (42,1%) ibu hamil berpengetahuan rendah, 18 orang (47,4%) ibu hamil bersikap positif, 20 orang (52,6%) ibu bersikap negatif, 21 orang (55,3%) ibu hamil dukungan suami tinggi, 17 orang (44,7%) ibu hamil dukungan suami rendah, 23 orang (60,5%) ibu hamil mengikuti kelas ibu, 15 orang (39,5) ibu hamil tidak mengikuti kelas ibu hamil,  adanya hubungan antara pengetahuan, sikap, dan dukungan suami dengan keikutsertaan ibu dalam kelas ibu hamil dengan X² Hitung : 14,5, 11,5  dan 23,6.

Diharapakan tenaga kesehatan khususnya bidan untuk dapat meningkatkan penyuluhan mengenai kelas ibu hamil dan melakukan pendekatan dan komunikasi dengan ibu hamil sehingga dapat merubah sikap negatif ibu mengenai kelas ibu hamil

 

Daftar Bacaan : 13 (2003-2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s